tentang komunitas

>> Minggu, 23 November 2008

Bermula di Institut Nasional Syafe’i (INS) Kayutanam pada tahun 1993 dengan nama kelompok yaitu Teater Plus INS Kayutanam. Pendidikan di INS Kayutanam, disamping belajar intrakurikuler, siswa juga diajarkan tentang Minat dan Bakat yang disebut kegiatan ekstrakurikuler termasuk di dalamnya teater. Teater Plus yang menjadi embrio komunitas seni HITAM-PUTIH pimpinan Yusril, kemudian hadir dalam percaturan dan dinamika teater di Sumatera bahkan nasional melalui pertunjukan teater seperti Perguruan tahun 1995 di TIM Jakarta, Ring 1996 di taman Budaya Padang, Interne di taman Budaya Bengkulu 1996, Menunggu dalam event Temu Sasterawan Nusantra ke IX dan temu teater Indonesia di Pekan Baru, Hamba-Hamba dalam event yang sama sasterwan Nusantara ke IX.

Setelah beberapa orang siswa yang sudah tamat dari INS Kayutanam yaitu Wendi H.S, Pandu Birowo, Willi Aditya, Afrizal Harun, Kurniasih Zaitun, Nolly Andrianus, Saaduddin dan lain-lain (generasi angkatan 1993,1994,1995). Mulai gelisah dengan status Teater Plus INS Kayutanan yang notabene adalah teater siswa yang berada di dalam kampus. Dari beberapa kawan-kawan ini kemudian mengajak Pak Yusril untuk membuat sebuah kelompok teater yang tidak lagi berada di dalam sistem kampus INS Kayutanam. Pada waktu itu, terlintas dalam pikiran Pak Yusril tentang seragam yang dipakai oleh siswa dan bendera kampus INS Kayutanam. Maka, ia berkesimpulan bagaimana nama kelompok ini adalah komunitas seni HITAM-PUTIH. Kawan-kawan yang hadir ketika itu sangat sepakat dan mendukung hadirya komunitas baru ini.

Pada tanggal 5 September 1998, Teater Plus INS kayu Tanam berubah nama menjadi komunitas seni HITAM-PUTIH. Ketika persiapan pentas Menunggu di Taman Budaya Jambi. Semenjak itu, komunitas seni HITAM-PUTIH, dikukuhkan sebagai salah satu kelompok independen yang bergerak dalam dunia teater di Sumatera Barat dengan motto yang menjadi komitmen komunitas yaitu : Sebuah keinginan untuk berjelas-jelas Untuk tidak menghitamkan yang putih Dan memutihkan yang hitam.

Semenjak tahun 1998 sampai dengan sekarang, komunitas seni HITAM-PUTIH hadir dalam setiap event lokal maupun nasional, seperti Pentas Monolog Dewan Kesenian Jakarta, Pentas teater dalam event Pusat Bahasa Jakarta, Pentas Seni Dewan Kesenian Sumatera Barat, Jakarta Art Festival (JakArt), Pekan Apresiasi Teater (PAT), Hibah Seni karya Inovatif Yayasan Kelola Jakarta, program mandiri dan lain-lain.

Tahun 2003, merupakan awal komunitas seni HITAM-PUTIH melakukan kerja sama dalam pemutaran film dengan pihak Jiffest dan sreenDoc! Traveling. Dua kelompok ini telah mempercayakan kepada komunitas seni HITAM-PUTIH sebagai Local Partner dalam setiap pelaksanaan pemutaran film dari tahun 2003. Semenjak konsentrasi komunitas seni HITAM-PUTIH bergerak dalam dua program yaitu teater dan film. Maka komunitas seni HITAM-PUTIH Hadir sebagai theatre and film community (komunitas yang bergerak dalam dunia teater dan film) di Sumatera Barat.

0 komentar:

Guest Room


ShoutMix chat widget

catatan

beberapa catatan kawan kawan

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP